Sejarah HMJ Hukum Keluarga

SEJARAH HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN
HUKUM KELUARGA (AHWAL SYAKHSIYAH)
FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Oleh : Muhanad Albi Haris Jen

Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah) adalah salah satu program studi yang ada di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Hingga kini eksistensi program studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah) masih menjadi masterpiece studi-studi mengenai hukum islam, khususnya hukum keluarga islam dan peradilan islam, di lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Secara legal formal program studi ini di bentuk dan beroperasi sejak di terbitkannya SK Rektor IAIN Sunan Gunung Djati Bandung Nomor:IN.10/0/PP.00.9/17/1996 dan SK Izin Operasional dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departmen Agama RI No. DJ.I/385/2008 tertanggal 27 Oktober tahun 2008. Meski demikian, usia perjalanan program studi ini tidak semudah SK tersebut. Pada saat mulanya secara de facto program studi ini bernama “Qadha” yang pada gilirannya kemudian berubah nama menjadi “Peradilan Agma”. Namun atas pertibangan semantik dan masukan dari berbagai kalangan nama tersebut agar di ubah karena menunjuk dari berbagai kalangan nama tersebut agar di ubah karena menunjuk kepada salah satu institusi peradilan di Indonesia. Maka kemudia muncul nama “ Ahwal Syakhsiyah” merujuk pada nomenklatur prodi hukum keluarga di Universitas Al-Azhar Cairo dan sekarang berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Penetapan Bidang Ilmu dan Gelar Akademik di Lingkungan Perguruan Tinggi Agama nomenklaturnya menjadi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah)

Sebagai Program Studi yang concern dalam ranah hukum keluarga, maka dalam perjalanannnya, sejak tahun akademik 2004/2005, Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah) memnbuka dua Konsentrasi atau kelompok bidang kajian yakni: Peradilan Islam, Kepenghuluan dan Mediasi

Visi :

Menjadi Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiya) yang unggul dan Kompetitif Berbasis Wahyu Memandu Ilmu dalam Bingkai Akhlak Karimah di Asia Tenggara Tahun 2025

Misi :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan akademik yang profesional dalam bidang Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah).
  2. Mengembangkan keilmuan dalam bidang Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah) melalui kegiatan penelitian.
  3. Menyebarluaskan hasil kajian Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah) melalui media.
  4. Menjalin kerjasama secara regional dan nasional di bidang Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah).
  5. Memberikan layanan profesional dalam bidang Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah)

Tujuan

  1. Terwujudnya program studi hukum keluarga (Ahwal SYakhsiyah) yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil dalam bidang hukum keluarga
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, profesional, dan integritas dalam bidang hukum keluaga yang dapat terserap di pengadilan agama, institusi hukum, KUA, dan pemerinta.
  3. Tersebarnya hasil kajian hukum keluarga, melalui media.
  4. Menghasilkan kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak secara regional dan nasional dalam bidang hukum keluarga (Ahwal Syakhsiyah)
  5. Menghasilkan layanan professional dalam bidang hukum keluarga (Ahwal Syakhsiyah).

Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah) di dalam bidang kemahasiswaan terdapat organisasi mahasiswa intra yang bernama Himpunan Mahasiswa Ahwal Syakhsiyah yang berdiri pada tahun 1996 namun sesuai perubahan nama dan gelar untuk Himpunan Mahasiswa pun mengikuti perubahan menjadi Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyah) yang bertujuan untuk menyelenggarakan kegiatan semua mahasiswa dalam satu wadah yang berfungsi sebagai organ penyalur aspirasi dari segala permasalahan akademik mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga .Selain itu, Himpunan ini juga mempunyai amanat untuk membentuk pribadi mahasiswa yang berbudi luhur, berilmu dan cakap dalam bidangnya serta bertanggung jawab mengamalkan ilmunya.

Dalam rangkaian kegiatanya HMJ Hukum Keluarga (AS) UIN SGD Bandung yang terdapat dalam Anggaran Dasar HMJ Hukum Keluarga (AS) berkewajiban menjalankan perannya untuk mengembangkan profesionalisme jurusannya demi mewujudnya Tridarma Perguruan Tinggi. Menyadari peran dan fungsi serta kewajiban sebagai generasi muda, Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga (AS) bertekad untuk belajar, berkarya dan berjuang yang dilandasi dengan rasa tanggung jawab, amanah, dan pengabdian kepada Allah SWT, bangsa dan almamater. Dilandasi oleh keyakinan dan kemurnian hati bahwa tekad tersebut dapat terlaksana dengan usaha yang teratur , terencana dan penuh kebijaksanaan

Sebagai lembaga tinggi mahasiswa di tingkat jurusan, Himpunan Mahasiswa  AS Fakultas syariah dan hukum UIN SGD Bandung wajib melaksanakan segala kebijakan HMJ AS UIN SGD Bandung melalui program-program yang bersifat operasional sebagai penjabaran dari keseluruhan lembaga yang berada di HMJ AS Fakultas syariah dan hukum UIN SGD Bandung.

Program-program yang merupakan kolaborasi dari garis kebijakan jurusan AS Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung dijalankan dengan pertimbangan operasional, dalam arti sesuai dengan keberadaan Himpunan Mahasiswa Fakultas syariah dan hukum UIN SGD Bandung sebagai lembaga tinggi mahasiswa di tingkat jurusan, tidak mengambil alih program-program yang secara proporsional harus dilaksanakan oleh lembaga lain. Selain itu program-program yang dijalankan harus sesuai dengan kebutuhan dan mengutamakan aspirasi yang berkembang di kalangan Mahasiswa AS khususnya dan Mahasiswa UIN umumnya.

Sebagai lembagai tinggi mahasiswa dilingkungan HMJ Fakultas syariah dan hukum UIN SGD Bandung bertindak sebagai Wakil Mahasiswa Ahwal syakhsiyah secara keseluruhan ke dalam dan keluar jurusan. Oleh karena itu dituntut untuk selalu membuat dan mengembangkan jaringan yang bersifat eksternal dengan lembaga lain, baik dengan lembaga pemuda dan lembaga kemasyarakatan. Ini dimaksudkan agar  HMJ Fakultas Syariah dan hukum UIN SGD Bandung bisa memberikan kontribusi bagi perkembangan Mahasiswa dan Masyarakat secara luas.

Adapun penjabaran dari kegiatan HMJ Fakultas syariah dan hukum UIN SGD Bandung dilaksanakan oleh komisi-komisi yang ada di HMJ Fakultas syariah dan hukum UIN SGD Bandung adalah sebagai berikut :

  1. Pengembangan Aparatur Organisasi
  2. Pengembangan Intelektual
  3. Penegakan Kode Etik dan Akhlakul Karimah
  4. Olahraga
  5. Pengembangan Pers Mahasiswa
  6. Kerjasama, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  7. Pengembangan Kewirausahaan
  8. Seni

Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga ini sudah ada dan berkembang dari generasi ke generasi di mulai pada tahun 1996 sampai saat ini, adapun untuk masa Kepemimpinan HMJ Hukum Keluarga dari masa ke masa di antaranya :

PERIODE NAMA LENGKAP
1996 – 1997 Asep Muslim Sugilar, S. Ag
1997 – 1998 Ubaidillah, S. Ag
2000 – 2001 Dr. Hj. Dede Kania, S.HI.,M.H
2001 – 2002 Ade Sudirman, S.HI
2003 – 2004 Afif Farid, S. HI
2004 – 2005 Nur Muttaqin, S.HI
2005 – 2006 Dadang Hidayat, S.HI
2006 – 2007 Bahrudin, S.HI
2007 – 2008 H. Syamsul Qomar, S.HI
2008 – 2009 Cucu Syamsul Falah, S.HI
2009 – 2010 Ahmad Damiri, S.Sy., M.Ag
2010 – 2012 Umar Nurjaman, S.Sy
2012 – 2013 Muhamad Abduh, S.Sy.,M.E
2013 – 2014 Wawan Gunawan, S.Sy
2014 – 2015 Wanwan Sutrisno,  S.H
2015 – 2016 Azis Ahmad Sodik, S.H
2016 – 2017 M. Syifa Al-Huzni, S.H
2017 – 2018 M. Iqbal Fauzi, S.H
2018 – 2019 M. Albi Haris Jen, S.H

Sejarah HMJ Hukum Keluarga
Kembali ke Atas