Thio dan Fahmi, Duta Bahasa dan Duta Bahasa Berbakat 2019

Pada Rabu (30/10/2019) lalu, Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pembinaan Bahasa (LPB) telah mengadakan malam final pemilihan Duta Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2019 yang digelar dengan meriah dan turut dihadiri oleh Duta Bahasa 2016 Eryanti Nurmala Dewi, Duta Bahasa Favorit 2016 M. Robby Rodhiya, Wadaja Akbar Ramdhani, Duta Bahasa Favorit 2017 Fitria Mutiara Setiani, Duta Bahasa 2017 M. Afifurrahman dan Devi Mulya. Kegiatan ini diikutsertai oleh banyak mahasiswa berbakat dari berbagai jurusan, dari jurusan Hukum Keluarga sendiri diikutsertai oleh Thio Ashiddiqie dari semester lima dan M. Fahmi Reksa Alfarisi dari semester tiga.

Dalam pelaksanaan kegiatan pemilihan Duta Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, banyak tahapan yang harus dilewati oleh para peserta, diantaranya karantina, wawancara, malam berbakat dan malam final. Pada acara bergengsi di UIN Bandung ini, Thio dan Fahmi banyak mendapatkan materi tentang kebahasaan pada masa karantina, lalu menampilkan bakat mereka pada malam berbakat dan sukses meraih  penghargaan pada malam final yang diadakan di Aula Kecamatan Cibiru.

“Disini saya mendapatkan berbagai materi seperti materi tentang LPB, materi kebahasaan, dan materi kedutabahasaan. Karantina dilakukan setengah hari dan di lanjut ke tahap berikutnya yaitu tahap wawancara pada hari itu juga,” jelas Thio.

Penilaian Duta Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini tidak hanya melihat dari penampilan melainkan juga kemampuan, kemahiran dalam berbahasa serta wawasan yang luas. Pada malam berbakat, Thio menampilkan sebuah bakat bernyanyi, dia membawakan sebuah lagu berbahasa inggris yang berjudul I Will Always Love You yang di tulis oleh musisi yang bernama Dolly Parton dan dipopulerkan oleh Whitney Housten sebagai penyanyi asli lagu tersebut. Sedangkan, Fahmi sendiri menampilkan Language Collaboration, selain story telling, Fahmi juga menampilkan puisi berbahasa arab dan juga bakat bernyayi dalam bahasa inggris.

Dari penilaian ini terpilihlah Thio Ashiddiqie dari jurusan Hukum Keluarga dan Nenden Servia dari jurusan Komunikasi Penyiaran Islam sebagai Duta Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2019. Juga Muhammad Fahmi Reksa Alfarisi dari jurusan Hukum Keluarga dan Riqqah Nurwidhah dari jurusan Ilmu Komunikasi sebagai Duta Bahasa Berbakat 2019.

Ketika pada tahap terakhir, Thio menuturkan bahwa dia tidak menyangka akan terpilih menjadi Duta Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Dalam tahap ini, saya sudah berserah diri kepada Allah SWT. Karena saya tahu Allah SWT maha mengetahui apa yang saya butuhkan, dan tibalah saatnya pengumuman pemenang, saya hanya bisa tersenyum melihat teman-teman di depan saya yang selalu memberikan support ke saya hingga akhirnya mereka bersorak sorai entah mengapa, jujur saya tak menyangka ternyata saya lah yang terpilih menjadi Pemenang Duta Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2019,” tuturnya (4/10/2019).

Pemenang yang telah dinobatkan sebagai Duta ini, kemudian akan melaksanakan tugasnya selama satu tahun kedepan. Diharapkan dengan terpilihnya Duta Bahasa ini, dapat mengembangkan minat kebahasaan dari kalangan mahasiswa UIN Bandung sendiri, yang bekerjasama dengan LPB sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dibidang kebahasaan.