TIM DEBAT HUKUM KELUARGA UIN SGD BANDUNG JUARA UMUM TINGKAT NASIONAL

Penyerahan piala bergilir dari sekretaris BADILAG MA RI kepada tim debat hukum keluarga UIN Bandung

Bidang pengembangan intelektual, Himpunan Mahsiswa Jurusan Hukum Keluarga pada tanggal 21-23 November kemarin mengikuti Lomba Debat Hukum Keluarga Tingkat Nasional yang bekerjasama dengan Direktur Jendral Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI (Dirjen Badilag MA-RI) di Jakarta, yang di selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam kompetisi ini, hukum keluarga UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengirimkan tiga mahasiswa terbaiknya, Ahmad Nurhamjah, Ramza Fatria Maulana dan Sifa Noorlia Fatimah.

Kompetisi-kompetisi Debat Hukum Keluarga Tingkat Nasional tersebut diikuti oleh 12 Universitas islam dari seluruh indonesia, sementara itu untuk mosi atau tema yang diperdebatkan ada 10 mosi yang berkaitan dengan hukum islam khususnya di bidang hukum keluarga. Pada babak penyisihan pertama tim debat Hukum Keluarga UIN SGD Bandung berhadapan dengan tim debat dari Universitas Islam Indonesia (UII) dengan mosi “Pemidanaan Terhadap Suami Yang Memperkosa Istri Sendiri”, kemudian pada saat penyisihan ke dua UIN SGD Bandung berhadapan dengan UIN Syarif Khasim Riau dengan mosi “Pemidanaan Bagi Pelaku Nikah Siri”. Di babak penyisihan ini tim debat hukum UIN SGD Bandung berhasil unggul dari universitas lain sehingga bisa melaju ke babak semi final melawan UIN Medan dengan mosi debat “Perubahan Asas Ius Sanguinis Menjadi Prinsip Habitual Residence Terhadap Perkara Hak Asuh Anak Dalam Perkawinan Campur”.

Di babak semi final ini berhasil mengantarkan tim debat hukum keluarga UIN SGD Bandung melaju ke babak final yang berhadapan dengan tim debat dari UIN Raden Intan Lampung dengan mosi “Penerapan Hukum Cambuk Bagi Non-Muslim”.

Pada babak final ini di dihadiri langsung oleh Sekretaris Direktur Jendral Badan Peradilan Agama RI sebagai dewan juri, seluruh peserta dan civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang hadir memenuhi Aula Teater UIN Jakarta. Pada babak final ini tim debat hukum keluarga UIN SGD Bandung berhasil keluar sebagai juara satu dan juara umum piala bergilir Dirjen Badilag MA-RI.

Ramza memaparkan, persiapan tim debat hukum keluarga UIN SGD Bandung menuju Lomba debat hukum keluarga tingkat nasional ini telah di mulai dari awal bulan November. Tidak hanya itu, Ramza pun melanjutkan, “ketika babak semi final kami sebenarnya sempet pesimis untuk bisa masuk ke babak final, dan kami lebih gak nyangka lagi ketika nama UIN SGD Bandung diumumkan sebagai juara, alhamdulillah kam koki sangat bersyukur,” pungkasnya (23/11/2019).